Sobat Loteng Kreatif - Di era revolusi industry 4.0 saat ini banyak sekali platfrom atau aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam berbagai hal terutama bisnis. salah satu di antaranya yaitu, Linkedin dirancang dengan konsep yang sangat unik sehingga terlihat professional bagi pengguna.
Situs web ini juga sebagai media untuk bisnis berbagai perusahaan dengan tujuan yang beragam. Tentu dibalik kesuksesan situs ini ada sejarah serta pendirinya yang memiliki jiwa luar biasa. Untuk itu, berikut dijelaskan mengenai sejarah berdirinya Linkedin dan bagaimana perkembangan di dunia saat ini.
1. Mengenal Tentang Pendiri Linkedin
foto : blogpenemu.blogspot.com
Reid Hoffman menjadi pendiri Linkedin yang tumbuh dan besar di California. Sewaktu kecil, Reid tidak memiliki sebuah komputer karena ayahnya sangat melarang. Ayahnya menilai hal tersebut sangat mempengaruhi kehidupan . Namun tidak lama kemudian, Reid memiliki sebuah komputer ketika dapat mempelajari ilmu kognitif saat kuliah.
Reid Hoffman lahir pada tanggal 5 Agustus 1967 di Stanford, California, Amerika. Ia adalah anak dari Deanna Ruth Rutter dan William Parker Hoffman, Jr. Ia tumbuh di Berkeley, California. Ia sekolah di The Purtey School dan lulus dari Standford University pada tahun 1990. Setelah itu ia melanjutkan studinya di Oxford University pada tahun 1993.
Pada tahun 1994 Hoffman bergabung dengan Apple Computer. Ia juga pernah bekerja di Fujitsu dan akhirnya membangun perusahaannya sendiri yang bernama SocialNet.com. Namun pada tahun 2000 ia meninggalkan SocialNet.com dan bergabung dengan PayPal sebagai COO di perusahaan tersebut.
Penghargaan Yang Pernah Reid Dapatkan
- Pada Mei 2012, Hoffman menduduki peringkat ketiga di Forbes Midas Daftar investor teknologi atas. Forbes menggambarkan Hoffman sebagai "Silicon Valley uber-investor" dan kata Hoffman "telah memiliki tangan dalam menciptakan hampir setiap menguntungkan media sosial startup. "
- Pada tahun 2012, Newsweek, dan The Daily Beast merilis "Power Index Digital," daftar 100 orang paling signifikan dalam dunia digital (ditambah 10 tambahan "Lifetime Achievement" pemenang), dan Hoffman menduduki peringkat No 3 di "Angle" kategori.
- Reid Hoffman dan Jeff Weiner dari LinkedIn berbagi Ernst and Young Entrepreneur US of the Year Award pada tahun 2011.
- Pada tahun 2010, Reid Hoffman menduduki No 17 pada daftar Fast Company dari 100 Orang Paling Kreatif di Bisnis.
- Hoffman, bersama dengan Salman Khan Khan Academy, dihormati oleh Dunia Affairs Council dan global Filantropi Forum pada tahun 2012. Dewan mengakui dan menghormati pemimpin yang luar biasa yang telah dilakukan dan akan terus mempengaruhi perubahan sosial melalui perusahaan swasta dan aksi sosial. Penghargaan tahun 2012 yang didedikasikan untuk merayakan Teknologi untuk Dampak Sosial.
- Hoffman dianugerahi 2012 David Packard Medal of Achievement Award oleh TechAmerica untuk kontribusi dan kemajuan dalam industri teknologi tinggi, masyarakat, dan manusia.
- Hoffman menerima Kehormatan Dokter of Laws dari Babson pada tahun 2012.
2. Mengenal Sejarah Lahirnya Linkedin
Pada bulan Desember 2002, Reid Hoffman menjadi co-founded LinkedIn. Pada saat itu ia bekerjasama dengan rekannya saat bekerja di SocialNet, rekan satu kampus dan kolega saat ia berada di Fujitsu. Pada tanggal 5 Mei 2003 akhirnya LinkedIn resmi diluncurkan.
Pada saat itu Peter Thiel dan Keith Rabois yang merupakan kolega Reid Hoffman saat berada di PayPal juga ikut berinvestasi di LinkedIn. Perkembangan LinkedIn sejak saat itu begitu cepat. Bahkan pata bulan November 2012 Linked in telah memiliki lebih dari 187 juta user yang tersebar di lebih dari 200 negara. Terakhir LinkedIn berani membayar mahal Pulse agar terjalin kerja sama diantara keduannya.
LinkedIn merupakan sebuah situs web jejaring sosial yang perkembangannya sangat cepat. Situs web ini lebih berorientasi kepada hal-hal bisnis.
Reid Hoffman menciptakan LikedIn untuk membantu para profesional agar terus berkomunikasi dengan rekannya dan membutuhkan kerja keras selama beberapa bulan untuk mendapatkan ide dan akhirnya situs web ini berdiri.
Berdirinya LinkedIn membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa. Reid memberikan tantangan bagi dirinya sendiri untuk mendapatkan satu juta pengguna yang mendaftar di situsnya. Dan Reid mengundang sekitar 350 orang penting untuk bergabung.
Secara umum situs jejaring sosial ini memang tidak berbeda jauh dengan situs jejaring sosial lainnya. Di sini pengguna dapat membuat profilnya sendiri dan membangun relasi dengan professional lainnya. Hanya saja penggunaan situs jejaring sosial ini memang hanya fokus pada para professional saja. Karena itu situs ini bersifat lebih serius dan benar-benar tampak professional. Di sini informasi yang ada juga lebih spesifik dan valid.
Dan akhirnya strategi ini lancar dan sukses. Pada bulan pertama mendapatkan anggota sekitar 4500 orang dalam jaringannya. Barulah mendirikan kantor Linkedin di California yang tidak jauh dari kantor Google. Dan merekrut beberapa pegawai untuk di bagian sisi teknis perusahaannya.
3. Perkembangan Linkedin
LinkedIn sudah digunakan oleh 20 juta orang pada tahun 2016. Pada tahun 2007 situs web ini berhasil memiliki lebih dari 14 juta pengguna. Yang terdiri dari 150 industri dan lebih dari sekitar 400 di bidang ekonomi.
Perusahaan Linkedin mengumumkan telah memiliki akun pengguna lebih dari 259 juta di 200 negara pada tahun 2013. Tentu hal ini terbilang cukup mengejutkan dan begitu pentingnya aplikasi ini untuk banyak orang di dunia.
Sehingga Linkedin menjadi media sosial khusus professional yang memiliki beragam fitur yang berbeda dibandingkan media sosial lainnya. Akan tetapi, Linkedin juga dapat digunakan untuk usaha-usaha kecil lainnya.
4. Fitur-Fitur Linkedin
Pengguna LinkedIn selalu menggunakan aplikasi ini untuk membuat CV online dan jejaring perusahaan ataupun karyawan. Namun masih memiliki fitur lain yang bermanfaat, yaitu Linkedin baru saja meluncurkan fitur portofolio yang dapat ditambahkan pengalaman atau pendidikan serta bagian ringkasan.
Kemudian fitur Linkedin Pulse untuk mengisi berbagai berita yang ditulis pengguna. Linkedin Education sebagai halaman perusahaan. Serta fitur database kontak dan tag kontak untuk memudahkan pencarian.
Itulah awal mula berdirinya Linkedin hingga perkembangan di dunia saat ini. Tentu yang dijadikan sebagai motivasi adalah sikap Reid Hoffman sebagai pendiri yang memiliki sikap kerja keras dan pantang menyerah untuk sebuah mimpi.
Dan tujuannya untuk membantu banyak orang di dunia dalam hal berbisnis agar menjadi pengguna yang professional. Tentu hal tersebut harus dimiliki oleh sikap yang optimisme yang kuat.
Demikian itulah kisah berdirinya platfrom linkedin dan kisah pendirinya, semoga anda terinspirasi dan termotivasi dengan pengalaman Reid yang bekerja keras untuk mendirikan linkedin. setiap proses pasti ada tantangan, maka dari itu tetap optimis dengan apapun yang anda lakukan dan bermimpilah untuk membuat sesuatu yang besar, dan mengejarnya untuk dinyatakan.
Post a Comment